Makalah Bahasa Indonesia
“ Rendahnya kualitas
pendidikan di Indonesia “
Oleh :
Tita Nafiannisa
Kelas :
VIII Aksel
NIS :
9153
Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Madiun
Jalan
Retno Dumilah no. 1 Kuncen, Taman Madiun
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
Warrahmatullahi Wabarakatuh
Puji
syukur atas kehadirat Allah swt, atas rahmat,taufik serta hidayah-Nya sehingga
saya dapat menyelesaikan tugas ini. Dengan tugas ini diharapkan dapat membantu
saya dalam memahami pelajaran,serta dapat menambah minat kami untuk mempelajari
pelajaran ini lebih lanjut. Saya telah berusaha menyusun artikel ini sebaik
mungkin.Tetapi, tugas yang kami buat masih jauh dari kata sempurna,oleh karena
itu saya mohon bapak/ibu guru dapat memakluminya. Tidak lupa kami ucapkan terima
kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyusun tugas ini:
1.Bapak/Ibu guru yang telah mempercayakan kepada saya agar menyelesaikan tugas ini.
2.Orang Tua yang telah memberi dukungan kepada kami.
3.Teman-teman yang telah memberi motivasi kepada kami.
Demikian yang dapat kami sampaikan kami mohon maaf apabila dalam penyusunan tugas ini masih terdapat kekurangan.
1.Bapak/Ibu guru yang telah mempercayakan kepada saya agar menyelesaikan tugas ini.
2.Orang Tua yang telah memberi dukungan kepada kami.
3.Teman-teman yang telah memberi motivasi kepada kami.
Demikian yang dapat kami sampaikan kami mohon maaf apabila dalam penyusunan tugas ini masih terdapat kekurangan.
Wassalamualaikum.
Madiun,03
Oktober 2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
1.
Kata Pengantar.............................................................................................1
2.
Daftar Isi......................................................................................................2
3.
BAB I
1.1
Pendahuluan........................................................................................3
1.1.1
Latar belakang.....................................................................
3
1.1.2
Rumusan masalah.................................................................4
1.1.3
Tujuan.................................................................................
4
4.
BAB II
1.1
Pembahasan......................................................................................5
1.1.1
Kualitas pendidikan Indonesia.............................................5
1.1.2
Faktor
penyebab rendahnya kualitas pendidikan.................7
1.1.3
Solusi untuk mengatasi permasalahan pendidikan...............8
5.
BAB III
1.1
Penutup
1.1.1
Kesimpulan.........................................................................
9
1.1.2
Saran...................................................................................
9
1.1.3
Daftar pustaka.....................................................................
9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keadaan
pendidikan Indonesia sangat memprihatinkan. Yang
kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan.
Baik pendidikan formal maupun informal. Pendidikan memang telah menjadi
penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan
bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia
Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara
lain. Sumber Daya Manusia berguna untuk meningkatkan pembangunan serta
kesejahteraan rakyat. Sumber Daya Manusia yang dimiliki Indonesia masih rendah.
Hal ini menyebabkan Rendahnya kualitas mutu pendidikan disebabkan oleh beberapa
faktor seperti berikut ini :
1. Rendahnya sarana fisik
2. Rendahnya kualitas guru
3. Rendahnya kesempatan
pemerataan pendidikan
4. Rendahnya relevansi
pendidikan dengan kebutuhan
5.
Visi dan moralitas pendidik
serta anak didik yang rendah
6. Mahalnya biaya pendidikan.
Memang
menjadi masalah serius di negeri ini. Anggaran pendidikan yang sudah tinggi
tidak menjamin sarana fisik yang baik dan biaya pendidikan yang terjangkau,
penyebabnya jelas moralitas masyarakat yang mementingkan golongan, kepetingan
pribadi dan mendapat keadaan yang tepat. Momok ini hanya bisa hilang jika nilai
luhur dan karakter bangsa benar-benar terealisasikan. Masalah pemerataan
pendidikan sangat jelas timbul antara wilayah barat dan wilayah timur. Sungguh
memprihatinkan ketika fragmentasi dan posisi pandang pendidikan dibedakan
menurut wilayah.
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia?
2. Apa saja yang menjadi penyebab rendahnya kualitas
pendidikan di
Indonesia?
3. Bagaimana solusi yang dapat diberikan dari
permasalahan-permasalahan pendidikan di
Indonesia?
C. Tujuan
1. Mengidentifikasikan kualitas pendidikan di
Indonesia
2. Mengidentifikasikan faktor penyebab rendahnya kualitas
pendidikan.
3. Solusi yang dapat diberikan dari permasalahan
pendidikan di
Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Kualitas Pendidikan di Indonesia
Seperti yang telah kita ketahui, kualitas pendidikan
di Indonesia semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualitas guru, sarana
belajar, dan murid-muridnya. Guru-guru tentuya punya harapan terpendam yang
tidak dapat mereka sampaikan kepada siswanya. Memang, guru-guru saat ini kurang
kompeten. Banyak orang yang menjadi guru karena tidak diterima di jurusan lain
atau kekurangan dana. Kecuali guru-guru lama yang sudah lama mendedikasikan
dirinya menjadi guru. Selain berpengalaman mengajar murid, mereka memiliki
pengalaman yang dalam mengenai pelajaran yang mereka ajarkan. Belum lagi
masalah gaji guru. Jika fenomena ini dibiarkan berlanjut, tidak lama lagi
pendidikan di Indonesia akan hancur mengingat banyak guru-guru berpengalaman
yang pensiun.
Sarana pembelajaran juga turut menjadi faktor semakin
terpuruknya pendidikan di Indonesia, terutama bagi penduduk di daerah
terbelakang. Namun, bagi penduduk di daerah terbelakang tersebut, yang
terpenting adalah ilmu terapan yang benar-benar dipakai buat hidup dan kerja.
Ada banyak masalah yang menyebabkan mereka tidak belajar secara normal seperti
kebanyakan siswa pada umumnya, antara lain guru dan sekolah.
“Pendidikan ini menjadi tanggung jawab pemerintah
sepenuhnya,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai rapat kabinet terbatas
di Gedung Depdiknas, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (12/3/2007).
Presiden memaparkan beberapa langkah yang akan
dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di
Indonesia, antara lain yaitu:
· Langkah pertama yang akan dilakukan pemerintah,
yakni meningkatkan akses terhadap masyarakat untuk bisa menikmati pendidikan di
Indonesia. Tolak ukurnya dari angka partisipasi.
· Langkah kedua, menghilangkan ketidakmerataan
dalam akses pendidikan, seperti ketidakmerataan di desa dan kota, serta jender.
· Langkah ketiga, meningkatkan mutu pendidikan
dengan meningkatkan kualifikasi guru dan dosen, serta meningkatkan nilai
rata-rata kelulusan dalam ujian nasional.
· Langkah keempat, pemerintah akan menambah
jumlah jenis pendidikan di bidang kompetensi atau profesi sekolah kejuruan.
Untuk menyiapkan tenaga siap pakai yang dibutuhkan.
· Langkah kelima, pemerintah berencana membangun
infrastruktur seperti menambah jumlah komputer dan perpustakaan di
sekolah-sekolah.
· Langkah keenam, pemerintah juga meningkatkan
anggaran pendidikan. Untuk tahun ini dianggarkan Rp 44 triliun.
· Langkah ketujuh, adalah penggunaan teknologi
informasi dalam aplikasi pendidikan.
· Langkah terakhir, pembiayaan bagi masyarakat
miskin untuk bisa menikmati fasilitas penddikan.
Sarana pendidikan di Indonesia belum bisa di katakan
sebagai sempurna. Sebab, masih terdapat banyak pekerjaan-pekerjaan rumah yang
harus di jalankan oleh penguasa di negri ini terutama masalah pendidikan di
daerah terpencil. Disana masih terdapat banyak anak pedalaman nusantara yang
bernasib malang karena tak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Seperti di
daerah : NTT, PAPUA, dll. Untuk bersekolah anak-anak harus berjalan hingga
puluhan kilometer melewati hutan, sungai dan bukit. Semangat mereka begitu
besar untuk bersekolah tetapi, semangat itu seolah berbanding terbalik dengan keadaan
sekolah yang ada. Dengan keadaan sekolah yang tak layak dan tenaga pengajar
yang minim membuat mutu pendidikan mereka masih tertinggal dengan mereka-mereka
yang sekolah di daerah perkotaan.
B.
Faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan.
Berikut ini faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas
pendidikan di Indonesia :
1.
Efektifitas Pendidikan di Indonesia
Pendidikan yang efektif adalah suatu
pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah,
menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan
demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat
meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.
Seharusnya, setiap orang mempunyai kelebihan di bidangnya masing-masing dan
diharapkan dapat mengambil pendidikaan sesuai bakat dan minatnya bukan hanya
untuk dianggap hebat oleh orang lain.
2.
Efsiensi Pengajaran di Indonesia
Efisien adalah bagaimana menghasilkan
efektifitas dari suatu tujuan dengan proses yang lebih ‘murah’. Beberapa
masalah efisiensi pengajaran di indonesia adalah mahalnya biaya
pendidikan, lamanya waktu yang digunakan dalam proses pendidikan, mutu pegajar
dan banyak hal lain yang menyebabkan kurang efisiennya proses pendidikan di
Indonesia. Yang juga berpengaruh dalam peningkatan sumberdaya manusia Indonesia
yang lebih baik.
3.
Standarisasi Pendidikan di Indonesia
Dunia pendidikan terus berubah.
Kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat terus-menerus berubah apalagi di
dalam dunia terbuka yaitu di dalam dunia modern dalam era globalisasi.
Kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang dalam lembaga
pendidikan harus lah memenuhi standar.
Seperti yang kita lihat sekarang ini,
standar dan kompetensi dalam pendidikan formal maupun informal terlihat
hanya keranjingan terhadap standar dan kompetensi. Kualitas pendidikan di ukur
oleh standard dan kompetensi di dalam berbagai versi sehingga dibentuk
badan-badan baru untuk melaksanakan standardisasi dan kompetensi tersebut
seperti Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP)
C.
Solusi untuk mengatasi masalah
pendidikan di Indonesia.
Solusi yang dapat dilakuakan adalah dengan cara berikut
ini.
1. Pemerintah lebih memperhatikan kondisi pendidikan di
Indonesia .
2. Perlu adanya pengamatan terhadap pendidikan kini.
3. Perlu adanya merubah standar pendidikan untuk lebih meningkatkan
kualitas pendidikan.
4. Pemerintah perlu memperhatikan kualitas pendidik
(guru).
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendidikan di Indonesia kini
belum mencapai kata sempurna. Kualitas pendidikan masih rendah, dengan begitu
SDM nya pun juga rendah. Sumber Daya Manusia berguna untuk meningkatkan
pembangunan serta kesejahteraan rakyat. Ada banyak faktor yang dapat
mempengaruhi rendahnya kualiatas pendidikan seperti : rendahnya sarana fisik,
rendahnya kualitas pendidikan, mahalnya biaya pendidikan,dll. Perlu adanya
solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan cara seperti : pemerintah perlu
lebih memperhatinkan kondisi pendidikan Indonesia, perlu merubah standar
pendidikan kini agar meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia , dll.
B.
Saran
Bahwa apa yang ada dalam makalah
ini hasil pemikiran saya dan juga saya ambil dari berbagai referensi yang
berkaitan dengan judul yang ditigaskan kepada kami. Untuk itu marilah kita
ambil hikmah dan manfaatnya. Adapun yang menjadi saran kami agar isi makalah
ini lebih ditingkatkan lagi, dengan mencari sumber-sumber lain. Semoga makalah
ini dapat menjadi referensi untuk menambah ilmu pengetahuan.
C.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar